Resep Bolu Gulung Kukus Sederhana Rasa Spesial

Resep Kue Bolu Gulung Kukus – Anda tentu sudah tak asing dengan kue kue bolu gulung bukan? Kue ini bisa dibilang merupakan kue favorit masyarakat Indonesia. Biasanya, hampir disetiap acara special, misalnya saat ulangtahun, pesta perkawinan, acara syukuran, dan lainnya, kue ini tak pernah ketinggalan.

Ada dua cara yang digunakan untuk membuat kue bolu gulung ini yaitu dengan cara di panggang dan di kukus. Nah, untuk kesempatan kali ini, kami bagikan resep bolu gulung kukus yang simpel namun lezat. Penasaran?

Sajian Adonan Kue Bolu Gulung Kukus Anti Gagal

Kue Bolu Gulung Kukus
Kue Bolu Gulung Kukus

Bahan-bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Gulung Kukus

Untuk membuat sajian kue bolu gulung kukus, anda hanya perlu menyiapkan beberapa jenis bahan berikut:

  • 50 gram tepung terigu berprotein tinggi
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • Buttercream secukupnya
  • 50 ml santan kental
  • 50 gram gula putih
  • Cake emulsifer secukupnya
  • Kertas roti

Langkah-langkah Dalam Membuat Resep Kue Bolu Gulung Kukus Sederhana

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, membuat bolu gulung kukus ini sangatlah mudah, nah berikut tahapan-rahapannya:

  1. Pertama, siapkan sebuah wadah besar untuk mencampurkan bahan dasar yang berupa gula, telur ayam dan juga cake emulsifer untuk mengembangkan kue. Kocoklah dengan mixer hingga benar-benar mengembang dengan sempurna.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukan tepung terigu yang sudah disiapkan ke dalam wadah adonan tersebut dan tetap diaduk dengan menggunakan spatula supaya adonan tercampur dengan rata dan lembut. Tambahkan santan dan pasta pandan dan kemudian aduk kembali.
  3. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan olesan mentega secara merata. Masukan adonan ke dalam loyang untuk di kukus. Setelah itu, kukuslah adonan bolu gulung dengan menggunakan api yang sedang hingga matang Waktu pengukusanya adalah sekitar 24 menit saja hingga adonan berubah warna.
  4. Setelah 24 menit, angatlah loyang kukusan dan kemudian diamkanlah beberapa saat hingga kue bolu dingin. Setelah dingin, olesan buttercream pada bagian permukaan atas kue bolu.
  5. Kemudian, keluarkan bolu dari loyang dan letakan di atas kertas roti dan olesi lagi dengan buttercream hingga semua permukaan rata dan padatkan bolu dengan menekanya supaya membentuk gulungan yang sempurna.
  6. Gulung-gulung kue bolu dan ketika dirasa sudah padat dan membentu gulungan yang sempurna, lepas kertas kue.
  7. Dan terakhir untuk penyajianya, potong – potong kue bolu gulung kukus dan sajilkan pada piring saji. Resep bolu gulung kukus mudah dan enak siap disajikan.

Tips Membuat Adonan Bolu Gulung Kukus Tidak Bantat

Terkadang ketika membuat kue bolu gulung, hasilnya bisa bantat atau kurang mengembang. Hal ini tentu saja akan membuat rasa sekaligus penampilan kue kurang menarik. Nah, untuk itu, sebaiknya ketahui beberapa tips untuk membuat adonan bolu gulung kukus supaya tidak bantat dan terus mengembang, berikut ini:

  1. Ketika anda menggunakan pengembang, sebisa mungkin harus dengan takaran yang pas alias tidak kurang dan tidak berlebihan juga.
  2. Saat mengocok adonan harus dilakukan dengan benar. Usahakan adonan dikocok hingga benar-benar mengembang sempurna.
  3. Jika anda menggunakan bahan-bahan bolu yang disimpan di dalam kulkas, sebaiknya jangan langsung digunakan. Diamkan beberapa saat sebelum digunakan agar suhu dinginya menghilang.
  4. Sebelum menggunakan oven, sebaiknya panaskan terlebih dahulu baru loyang yang berisi adonan kue bolu gulung kukus dimasukan ke dalam oven.

Nah bunda, sudah paham kan resep bolu gulung kukus sederhana diatas? Silahkan dieksekusi bunda, semoga sukses.