Resep Kue Lapis Belacan, Jajanan Khas Pontianak Yang Siap Menggoyang Lidah

Resep Kue Lapis Belacan – Perlu diketahui, kue lapis belacan merupakan kuliner khas Kalimantan barat tepatnya kota Pontianak. Belacan mempunyai arti terasi. Tetapi jangan salah mengira, karena dalam pembuatannya kue ini tidak menggunakan terasi sama sekali. Cuma memang, sekilas tampilan kue ini mirip terasi.

Kue lapis belacan merupakan kue coklat dengan bentuk berlapis-lapis dan mempunyai rasa yang begitu lezat dengan tekstur yang padat dan lembut saat disantap. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue belacan di rumah, langsung saja simak resep kue lapis belacan yang kami bagikan berikut ini.

Resep Kue Lapis Belacan
Resep Kue Lapis Belacan

Bahan yang dibutuhkan

  • Gula pasir 250 gram
  • Telur ayam 16 butir
  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Margarin atau mentega 26 gram
  • Coklat bubuk 50 gram

Cara membuat kue lapis belacan

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan. Kemudian masukkan telur dan gula pasir. Lalu kocok keduanya sampai mengembang dan lembut.
  2. Ambil coklat bubuk kemudian campurkan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  3. Ambil wadah lainnya, kemudian masukkan susu kental manis dan mentega. Kocok kedua bahan sampai rata dan lembut.
  4. Jika sudah, campurkan kedua adonan yang sudah dibuat. Aduk sampai rata.
  5. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang adonan. Olesi minyak atau mentega pada loyang agar adonan tidak lengket.
  6. Karena kue lapis belacan merupakan kue yang dibuat dengan berlapis atau bertumpuk, saat proses memanggang, Anda perlu memanggangnya selapis demi selapis. Kunci keberhasilan kue lapis yakni suhu oven yang tepat dan waktu pemanggangan. Karena itu, sebelum Anda melakukan pemanggangan sebaiknya kenali jenis oven yang akan digunakan serta suhunya terlebih dulu.
  7. Cara memanggang kue ini dengan memanggang tiap lapis. Setelah loyang siap, masukkan lapisan pertama kemudian oven menggunakan suhu sekitar 220 derajat selama 10 menit.
  8. Jika lapisan pertama sudah matang, tuangkan adonan untuk lapisan kedua. Oven adonan kembali selama 10 menit. Anda perlu membuat adonan sampai 6 lapis atau sampai adonan habis.
  9. Saat lapisan terakhir, Anda perlu memanggangnya menggunakan suhu sekitar 180 derajat celcius selama 25 menit.
  10. Jika sudah mayang, angkat dari oven dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin baru dipotong-potong dan kue siap disantap.

Anda juga bisa membuat kue lapis belacan premium dengan menambahkan tambahan susu bubuk full cream dam komposisi telur serta mentega yang lebih banyak. Berikut ini resep kue lapis belacan premium.

Bahan-Bahan Yang Disiapkan

  • Kuning telur 35 butir
  • Mentega atau butter 300 gram
  • Margarin blue band 70 gram
  • Gula halus 350 gram
  • Susu kental manis 3 sendok makan
  • Susu bubuk fullcream dancow atau lainnya 2 sachet
  • Vanili ½ sendok teh

Cara Membuatnya

  1. Kocok margarin dan buter sampai memutih.
  2. Kocok kuning telur dan gula sampai putih.
  3. Campurkan adonan kuning telur ke dalam adonan mentega. Kocok sampai rata kemudian tambahkan susu kental manis, susu bubuk dan vanili. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Siapkan loyang dengan ukuran 20x20cm kemudian olesi margarin dan alasi menggunakan kertas roti. Gunakan api bawah saat lapisan pertama dan api atas untuk lapisan berikutnya dengan suhu sekitar 130°C. Anda bisa menekan tiap lapisan adonan agar lebih padat.
  5. Setelah adonan matang, keluarkan dari oven. Tunggu sampai dingin baru keluarkan dari loyang. Jangan mengeluarkan kue dalam kondisi masih panas karena bisa membut kue lapis menjadi retak.

Demikian resep kue lapis belacan khas Pontianak yang bisa menjadi panduan Anda saat ingin membuat kue sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.