Resep Kue Lumpur Lapindo Spesial Yang Mak Nyus Di Lidah

Resep Kue Lumpur Lapindo – Perlu diketahui, kue lumpur merupakan kue yang tidak hanya lezat, namun juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Bahkan belakangan ini, kue lumpur banyak sekali di kembangkan menjadi berbagai rasa, meski pun demikian ciri khas utamanya dengan tekstur yang lembut masih tetap dijaga.

Nah, salah satu pengembangan kue lumpur, yang cukup populer dan unik adalah kue lumpur lapindo. Ya, lapindo Siodarjo yang identik dengan bencana tanah lumpur dijadikan ide penamaannya. Lantas, bagaimana resep lumpur lapindo? Pastinya bunda penasaran kan? Yuk langsung saja intip berikut ini.

Sajian Adonan Membuat Kue Lumpur Lapindo

Kue Lumpur Lapindo
Kue Lumpur Lapindo

Bahan-Bahanyang Dibutuhkan

Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat kue lumpur lapindo:

  • Siapkan terlebih dahulu tepung terigu sebanyak 200 gram dan ayak tepung tersebut agar mendapatkan tektur terlembutnya.
  • Siapkan pula telur ayam sebanyak 2 butir.
  • Santan sebanyak 400 mili liter untuk anda yang menggunakan santan dengan proses manual, namun bagi anda yang memakai santan instan bisa menggunakan 1 bungkus namun kemudian dicampurkan dengan air hingga memenuhi ukuran kebutuhan.
  • 2 sendok makan gula pasir atau secukupnya sesuai selera dan kebutuhan.
  • 1 sendok makan margarin yang sudah dilelehkan.
  • Garam secukupnya.

Bahan-bahan untuk membuat vla yang nantinya untuk diletakkan di tengah-tengah kue:

  • Siapkan santan sebanyak 500 mililiter, untuk yang memakai santan instan bisa juga anda siasati dengan cara yang telah disebutkan diatas. Santan ini bisa diganti dengan susu cair dengan ukuran yang sama.
  • Siapkan juga tepung maizena sebanyak 50 gram.
  • Gula pasir dengan ukuran 130 gram atau bisa juga disesuaikan dengan selera anda.
  • Daun pandan atau daun suji sebanyak 2 ruas.
  • Garam ½ sendok teh atau seperlunya.
  • Vanili sebanyak ½ sendok teh.

Cara MemasakKue Lumpur Lapindo

1. Membuat kue lumpur

  1. Siapkan santan sebanyak 400 mililiter.
  2. Campurkan gula dan juga garam ke dalam santan tersebut kemudian aduk hingga larut.
  3. Jika dirasa sudah larut, taruh terlebih dahulu tepung terigu ke dalam wadah kemudian campurkan dengan santan tadi aduk hingga rata dan membentuk gumpalan yang halus.
  4. Masukkan 2 butir telur kedalam adonan dan aduk hingga telur tercampurkan merata pada adonan.
  5. Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan tadi dan aduk hingga tercampur juga dengan adonan tersebut.
  6. Selanjutnya siapkan cetakan atau wajan, oleskan minyak sayur pada wadah tersebut kemudian panaskan dan masukkan adonan ke dalam cetakan dengan api sedang. Cetak adonan tersebut seperti mangkuk lakukan berulang hingga adonan habis.

2. Membuat vla

  1. Siapkan santan atau susu cair dengan ukuran 500 mili liter.
  2. Kemudian campur semua bahan, tepung maizena, gula pasir, garam, daun pandan, dan juga vanili ke dalam santan atau susu cair tersebut aduk rata hingga tercampur rata dan adonan menjadi kental.
  3. Jika sudah isi cetakan mangkuk adonan tadi dengan vla, usahakan memasukkan vla tersebut pada saat masih panas untuk anda yang memakai vla dari susu. Namun bagi anda yang memakai vla dari santan lebih baik menuangkanya saat kue dalam keadaan dingin.

Untuk hiasan dari sajian kue lumpur lapindo ini anda juga bisa menambahkan beberapa topping seperti kismis, messes, buah nangka, keju atau lainnya, sebagai usaha menambah kecantikan tampilan kue, sekaligus cita rasanya.

Bagaimana, resep kue lumpur Lapindo di atas tidak terlalu sulit bukan? Yuk segera dipraktekkan bunda.