Resep Dan Cara Membuat Kue Pukis Bangka Yang Lembut

Resep Kue Pukis Bangka – Jika berbicara mengenai kue pukis, banyak orang yang menyebutkan jika kue ini berasal dari pulau jawa saja. Padahal, kue ini juga banyak ditemui di daerah bangka. Meski pun bentuk dan namanya sama, kue pukis khas masyarakat bangka atau kue pukis bangka memiliki rasa yang sedikit berbeda dengan kue pukis di pulau jawa loh. Penasaran? Simak dan ikuti resep kue pukis bangka berikut ini.

Resep Kue Pukis Khas Bangka

Bahan-bahan Membuat Kue Pukis Khas Bangka

Bahan yang akan digunakan dalam resep kue pukis khas bangka ini sebenarnya mirip dengan kue pukis pada umumnya, namun kue pukis khas bangka ini memiliki 1 bahan rahasia yang membedakannya dengan kue pukis di jawa. Bahan tersebut adalah jeruk nipis.

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 750 ml santan kental ( dari 1 butir kelapa)
  • 4 butir telur ayam
  • 1 sendok teh ragi instan (fermipan)
  • ½ kaleng krimer kental manus (rasa vanilla / full cream / plain)
  • 30 gram wijsman
  • Garam secukupnya
  • 300 gram gula pasir
  • ½ sendok teh vanili essense
  • 1 buah jeruk nipis. Peras dan sisihkan air perasannya.
  • 250 gram margarin masak. Cairkan.

Mungkin anda akan sedikit heran dengan bahan rahasia jeruk nipis. Tenang saja, adanya jeruk nipis disini akan membuat kue pukis khas bangka ini memiliki rasa dan aroma yang enak.

Cara Membuat Kue Pukis Khas Bangka

Siapkan dulu peralatan yang akan anda gunakan untuk memasak agar ketika memasak anda tidak bingung. Peralatan yang dibutuhkan diantara panci masak, wadah untuk mencampur, saringan tepung, mixer, pengaduk dan cetakan pukis. Jika peralatan siap, mari langsung menuju cara membuat kue pukis khas bangka yang empuk dan enak.

  1. Masak santan dan perasan jeruk nipis di dalam panci dengan api sedang. Ketika merebus santan, anda harus terus mengaduknya agar tidak pecah. Jika sudah matang, angkat panci dari kompor kemudian sisihkan hingga santan dingin.
  2. Selagi menunggu santan dingin, kocok gula dan telur menggunkaan mixer dengan kecepatan sedang hingga telur mengembang.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu, vanila essense dan ragi instan dengan cara diayak. Jangan lupa untuk mengaduk adonan agar tidak menggumpal.
  4. Tambahkan santan yang sudah dingin sambil terus mengaduk-aduk adonan.
  5. Masukkan wijsman, garam dan margarin yang telah dicairkan kemudian aduk menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga adonan tercampur rata.
  6. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang. Untuk tambahan tips, gunakan wadah yang besar untuk mencampur adonan karena adonan kue pukis khas bangka ini bisa mengembang hingga 2 kali lipat.
  7. Jika adonan sudah mengembang, panaskan cetakan pukis diatas kompor dengan api sedang kemudian olesi dengan margarin atau minyak sayur secukupnya. Jangan terlalu banyak agar tidak mudah gosong.
  8. Aduk aduk adonan lalu tuangkan ke dalam cetakan pukis sekitar ¾ cetakan. Jangan terlalu penuh agar kue bisa mengembang sempurna.
  9. Tutup cetakan kue kemudian tunggu hingga kue matang sekitar 4-5 menit kemudian angkat.
  10. Lakukan langkah 7-9 sampai adonan kue pukis habis
  11. Kue pukis khas bangka siap dihidangkan untuk menemani waktu bersantai atau acara penting anda.

Demikian diatas resep kue pukis khas bangka lengkap dengan step by stepnya. Oya diatas adalah resep kue pukis khas bangka original. Jika anda suka manis, anda bisa menambahkan gula, atau perasa atau pewarna ke dalam adonan sesuai selera anda.

About the author: admin

Adonan Resep Kue merupakan situs resep kue online terlengkap dan terupdate yang praktis, enak, lezat, serta mudah dibuat bagi semua orang.

Related Posts