Resep Kue Pukis Empuk Anti Bantet Dan Anti Gagal

Resep Kue Pukis Empuk – Bicara mengenai kue tradisional indonesia memang tidak ada habisnya. Berbagai macam jenis dan rasa kue tradisional yang menggugah selera tentu tidak dapat dipisahkan dari resep tradisional warisan nenek moyang kita. Resep tersebut telah diwariskan turun temurun hingga saat ini. Salah satu kue tradisional yang masih terus dilestarikan hingga saat ini adalah kue pukis. Membuat kue pukis ternyata tidak semudah yang dibayangkan loh, terkadang kue pukis akan menjadi bantet dan keras jika anda salah mengolah bahannya. Mau tahu resep kue pukis yang empuk dan enak ? Simak penjelasannya dibawah ini.

Resep Kue Pukis Empuk

Bahan-bahan Membuat Kue Pukis Yang Empuk Dan Gurih

Bahan yang akan digunakan dalam resep ini sangat mudah didapat. Pilih bahan bahan yang berkualitas untuk hasil yang lebih maksimal.

  • 275 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 ml air hangat
  • ½ sendok makan ragi instan (fermipan)
  • 4 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 300 ml santan kental ( dari 1 butir kelapa ukuran sedang)
  • 50 ml minyak sayur
  • 1 sendok teh garam
  • Margarin untuk olesan

Cara Membuat Kue Pukis Yang Empuk Dan Gurih

Sebelum mulai untuk memasak, siapkan terlebih dahulu peralatan yang akan anda gunakan untuk memasak. Diantaranya adalah wadah untuk mencampur, saringan tepung, mixer, pengaduk dan cetakan pukis. Setelah peralatan siap, mari melanjutkan cara membuat kue pukis yang empuk dan enak.

  1. Campurkan 25 gram (2 sendok makan) tepung terigu, 50 ml air hangat dan ragi instan (fermipan) ke dalam wadah kemudian aduk menggunakan mixer dengan kecepatan sedang selama kurang lebih 10 menit hingga adonan mengeluarkan buih. Diamkan sejenak.
  2. Pada wadah lain, kocok telur dan gula menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengental dan butiran gula hilang. Kemudian campur adonan pertama dalam wadah ini.
  3. Masukkan tepung terigu sambil diayak menggunakan saringan agar tidak menggumpal. Masukkan tepung sambil mengaduk adonan menggunakan pengaduk manual.
  4. Tambahkan santan sambil terus mengadukan adonan hingga merata.
  5. Masukkan minyak sayur dan garam kemudian aduk adonan hingga merata.
  6. Diamkan adonan selama kurang lebih 60 – 90 menit hingga adonan mengembang. Langkah inilah yang menjadi rahasia membuat kue pukis yang empuk. Jadi, jika ingin kue pukis yang anda buat empuk, menunggu adalah hal terpenting. Sebagai tips, gunakan wadah yang besar untuk mencampur adonan karena adonan kue pukir ini bisa mengembang hingga 2 kali lipat.
  7. Setelah adonan mengembang, panaskan cetakan pukir diatas kompor dengan api kecil kemudian olesi dengan margarin sekali oles saja, karena jika terlalu banyak margarin, kue pukis akan lebih mudah gosong.
  8. Aduk aduk adonan kemudian tuangkan ke dalam cetakan pukis sebanyak ¾ cetakan. Jangan terlalu penuh agar kue pukis tidak bantet dan mengembang sempurna.
  9. Tutup cetakan dan tunggu hingga kue matang sekitar 3-4 menit kemudian angkat.
  10. Kue pukis yang empuk dan enak siap dihidangkan untuk segala acara.

Nah itulah di atas ulasan lengkap mengenai resep kue pukis empuk anti bantet. Oya, Anda bisa menambahkan perasa atau pewarna ke dalam adonan sesuai selera anda. Selain itu, anda juga bisa menambahkan topping pada atas kue pukis seperti meses, parutan keju atau selai buah buahan. Semoga resep di atas bermanfaat.

About the author: admin

Adonan Resep Kue merupakan situs resep kue online terlengkap dan terupdate yang praktis, enak, lezat, serta mudah dibuat bagi semua orang.

Related Posts