Resep Kue Pukis Labu Rasa Spesial

Resep Kue Pukis Labu – Kue pukis merupakan kue tradisional khas dari nusantara, maka tidak heran jika anda sudah hafal betul dengan bentuk maupun citarasa dari kue yang satu ini. Nah bagaimana dengan kue pulis labu, apakah anda pernah mencobanya? sebagian dari kita mungkin tidak pernah terpikirkan untuk membuat kue dengan bahan utama labu, karena seperti yang telah diketahui bersama biasanya labu hanya dimanfaatkan untuk membuat kolak atau sebagai campuran dalam berbagai  minuman saja.

Nah tentu anda penasaran bukan, bagaimana dengan cita rasa kue pukis labu ini? Untuk itu, kali ini kami akan membagikan resep kue pukis labu spesial, yang dijamin sangat lezat rasanya. Silahkan disimak.

Resep Kue Pukis Labu
Resep Kue Pukis Labu

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

  • 35 gram tepung terigu yang memiliki protein rendah
  • 75 ml air hangat
  • 2 sdt ragi instan

Bahan-bahan Lainnya

  • 225 gram tepung terigu
  • ¼ sdt vanili
  • 3 butir telur
  • 100 gram labu kuning
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml santan
  • ½ sdt garam
  • ½ sdm margarin cair

 Tips Mempersiapkan Bahan

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mempersiapkan bahan-bahan yang memerlukan proses panjang untuk membuatnya. Misalnya saja labu.
  2. Kupas labu kuning yang telah anda siapkan dan potong kecil-kecil untuk mempermudah menghaluskannya nanti. Setelah anda kupas dan potong cuci labu hingga bersih.
  3. Siapkan alat pengukus dan nyalakan kompor dengan api sedang, masukkan labu dan kukus sampai benar-benar matang.
  4. Setelah labu matang, angkat dan diamkan beberapa menit agar dingin. Setelah dingin, anda bisa menumbuknya hingga labu benar-benar halus. Untuk mempermudah anda juga bisa menggunakan blender untuk menghaluskan jika ada.
  5. Setelah semua labu yang dibutuhkan telah halus, taruh pada wadah dan diamkan.
  6. Kemudian anda bisa mempersiapakan bahan lainnya, yakni mencairkan margarin. Masak margarin dalam wajan dengan api sedang. Setelah semua margarin mencair, taruh pada wadah dan diamkan.
  7. Bahan-bahan yang telah anda persiapakan itu nantinya akan dicampurkan ke dalam adonan kue pukis.

Cara Membuat Adonan Pukis

  1. Proses pertama anda harus membuat adonan biangnya terlebih dahulu yaitu dengan mencampurkan semua bahan mulai dari ragi, tepung terigu, dan juga air hangat. Setelah semua wadah anda masukkan dalam baskom, aduk hingga semua tercampur rata dan tidak ada lagi tepung yang masih menggumpal. Setelah itu diamkan kurang lebih 10 menit.
  2. Selanjutnya anda bisa mencampurkan santan dan labu kuning halus ke dalam adonan biang. Lalu aduk-aduk bahan menggunakan mixer pada kecepatan sedang. Pastikan semua bahan dapat tercampur rata.
  3. Ambil wadah atau bskom lainnya. Silahkan masukkan telur bersama gula pasir serta vanili, kemudian aduk-aduk sampai semuanya tercampur rata dan gula tidak berbentuk lagi.
  4. Masukkan kocokan telur tadi ke dalam adonan biang, lalu aduk-aduk kembali hingga semua bahannya dapat tercampur secara merata.
  5. Tambahkan pula margarin yang telah anda cairkan sebelumnya dan aduk-aduk kembali. Setelah itu diamkan adonan selama kurang lebih 60 menit agar adonan kue pukis dapat mengembang.
  6. Siapkan cetakan kue pukis dan lumuri dengan margarin. Proses melumuri ini sebenarnya bertujuan agar kue pukis tidak lengket atau menempel pada cetakan ketika telah matang.
  7. Setelah itu siapkan alat pemanggang dan nyalakan kompor dengan api sedang.
  8. Tuangkan adonan sedikit demi sedikit ke dalam cetakan dan tunggu hingga kue setengah matang.
  9. Setelah kue pukis terlihat setengah matang anda bisa menambahkan topping sesuai selera. Lalu masak kembali hingga kue pukis matang dengan sempurna.
  10. Setelah matang angkat dan sajikan.

Bagaimana, cukup mudah bukan proses pembuatan resep kue pukis labu diatas?