Resep Kue Pukis Pandan yang Lezat dan Mudah Dibuat

Resep Kue Pukis Pandan – Akhir-akhir ini popularitas kue pukis kembali meroket. Bukan hanya sebagai kue tradisional yang memang udah ada sejak jaman dulu, namun kue pukis kini hadir dengan berbagai macam variasi menarik yang menggugah selera. Salah satunya adalah kue pukis rasa pandan.

Nah, daripada Anda membeli diluar, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah. Resep kue pukis pandan ini sangat mudah loh untuk Anda praktekkan, bahkan untuk pemula.

Bahan-bahan untuk membuat kue pukis pandan ini cukup mudah ditemui dan murah. Resep di bawah ini sengaja menggunakan telur yang sedikit, jadi cocok juga dipraktekan bagi Anda yang mau membuka usaha sampingan berjualan kue pukis ini. Dengan modal yang lebih sedikit, Anda tentunya bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Resep Kue Pukis Pandan
Resep Kue Pukis Pandan

Bahan-bahan Yang Diperlukan

  • Tepung terigu protein sedang 600 gram.
  • Susu bubuk 3 sendok makan.
  • Santan 550 ml.
  • Telur ayam 3 butir
  • Gula pasir 400 gram
  • Ragi instan (fermipan) ½ sendok teh.
  • Margarin 150 gram.
  • SP/TBM/Ovalet 1 sendok teh.
  • Daun pandan 3 lembar
  • Pewarna hijau atau pasta pandan secukupnya

Langkah-langkah Untuk Membuatnya

  1. Siapkan panci, kemudian masukkan santan, garam secukupnya, pasta pandan/pewarna hijau dan daun pandan. Masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Setelah santan mendidih, segera angkat dan sisihkan hingga dingin.
  2. Siapkan wadah baskom, kemudian masukkan gula pasir, SP, dan telur. Kemudian mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan berubah kaku putih pucat.
  3. Pada wadah yang berbeda, campurkan tepung terigu, susu bubuk, dan ragi instan (fermipan) yang telah diayak terlebih dahulu.
  4. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit kemudian santan yang telah dingin ke dalam adonan telur. Lakukan hingga semua bahan habis sambil diaduk dengan menggunakan spatula atau whisk balloon.
  5. Kemudian masukkan margarin yang telah dicairkan ke dalam adonan dan aduk rata.
  6. Tutup bagian atas baskom adonan dengan plastik wrap dan diamkan selama 6 jam.
  7. Setelah 6 jam, buka plastik wrap yang membungkus baskom adonan. Aduk-aduk adonan secara merata sampai tidak ada gas yang terjebak dalam adonan kue pukis pandan ini.
  8. Adonan kemudian bisa dipanggang di atas cetakan yang telah diolesi margarin dan dipanaskan di atas kompor dengan api kecil.
  9. Saat kue pukis pandan masih setengah matang, taburi bagian atasnya dengan berbagai topping sesuai selera. Anda bisa menambahkan messes, choco chips, bubuk coklat, bubuk matcha, bubuk kayu manis, oreo yang dihancurkan, dan lain sebagainya.
  10. Kemudian panggang kembali hingga kue pukis pandan matang sempurna.
  11. Sajikan dalam piring saji. Anda juga bisa menambahkan garnish/hiasan seperti potongan daun pandan atau bubuk kayu manis.

Tips Fermentasi Adonan Kue Pukis Pandan

Resep kue pukis pandan di atas harus di fermentasikan selama 6 jam karena bertujuan agar adonan tidak basi/berasa asam hingga seharian. Pada resep di atas, ragi instan (fermipan) yang digunakan sangat sedikit, sehingga proses fermentasi berlangsung lebih lama, namun adonan juga menjadi tidak mudah basi.

Nah, bagi Anda yang tidak suka menunggu lama dan adonan akan dimasak sekaligus, maka Anda bisa memodifikasi resep kue pukis pandan ini. Caranya adalah dengan menambah jumlah fermipan yang digunakan sekitar ½ sendok teh. Adonan pun bisa di fermentasi dalam waktu 1 jam saja.

Itu dia resep kue pukis pandan yang lezat dan mudah sekali dibuat. Silahkan mempraktekkannya sendiri di rumah.