Resep Kue Pukis Pisang yang Nikmat dan Mudah Dibuat

Resep Kue Pukis Pisang – Apakah saat ini di kulkas Anda ada persediaan buah pisang? Jika iya, tak ada salahnya Anda mencoba resep kue pukis pisang berikut ini. Tenang, tidak sulit kok. Daripada hanya dimasak menjadi pisang goreng, pisang kukus, dan sebagainya yang membuat buah hati anda bosan?

Kue pukis pisang ini mudah sekali dibuat. Waktu yang dibutuhkan untuk proses memasaknya pun cukup cepat. Untuk buah pisangnya, lebih baik menggunakan jenis pisang ambon atau pisang susu jika Anda ingin cita rasa pisang yang ringan. Namun, jika Anda ingin kue pukis yang rasanya “pisang” sekali, Anda bisa menggunakan jenis pisang kapok.

Resep Kue Pukis Pisang
Resep Kue Pukis Pisang

Bahan-bahan Yang Harus Disiapkan

  • 100 gram pisang ambon/susu/kepok.
  • 140 gram tepung terigu
  • 10 gram tepung maizena
  • 60 gram gula putih
  • 2 butir telur ayam
  • 25 gram mentega
  • 100 ml susu cair atau santan
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh ragi instan/fermipan
  • 1 sendok makan air hangat

Langkah-langkah Untuk Membuat Kue Pukis Pisang

  1. Siapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat kue pukis yaitu gelas, teflon, baskom besar, cetakan pukis beserta tutupnya, dan mixer.
  2. Pertama-tama, siapkan biang kue (digunakan agar adonan bisa mengembang) dengan cara mencampurkan 1 sendok teh gula, 1 sendok teh ragi instan/fermipan, dan air hangat. Aduk merata sampai berbusa dan sisihkan. Agar biang kue ini berhasil, pastikan Anda menggunakan air hangat-hangat kuku dan jangan sampai terlalu panas karena akan mematikan ragi instannya.
  3. Panaskan teflon di atas kompor dengan api kecil, kemudian masukkan mentega dan tunggu hingga meleleh sempurna. Kemudian angkat mentega leleh dan sisihkan.
  4. Haluskan buah pisang dengan food processor atau bisa juga menggunakan blender.
  5. Campurkan buah pisang yang telah dihaluskan dan susu cair atau santan hingga merata kemudian sisihkan sebentar.
  6. Pada wadah baskom yang berbeda, masukkan telur ayam dan gula kemudian kocok dengan mixer hingga berubah warna menjadi putih pucat. Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Selingi dengan campuran susu dan pisang sampai habis. Kemudian masukkan juga bahan biang dan kocok rata menggunakan mixer berkecepatan rendah.
  7. Masukkan mentega yang telah dilelehkan dan garam, setelah itu aduk balik perlahan-lahan.
  8. Diamkan adonan kue pukis pisang ini selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang.
  9. Siapkan cetakan pukis dan olesi dengan mentega. Panggang cetakan di atas kompor dengan api kecil. Setelah cetakan panas, kemudian masukkan adonan pukis pisang. Panggang hingga setengah matang.
  10. Anda bisa menambahkan berbagai topping seperti messes, keju, dan sebagainya. Kemudian panggang lagi hingga matang sempurna.
  11. Aduk adonan kue pukis yang tersisa setiap kali akan dipanggang.
  12. Sajikan kue pukis pisang pada piring saji selagi hangat.

Tips Agar Adonan Kue Pukis Pisang Mengembang Sempurna

Bagi sebagian orang yang baru belajar membuat kue, ada kalanya adonan kue saat dimasak tidak bisa mengembang sempurna dan bantat. Tentunya hal ini akan membuat kita jengkel dan kecewa. Untuk menghindari hal itu, maka ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, seperti:

  • Gunakan ragi instan/fermipan yang baru. Jangan menggunakan ragi instan sisa, apalagi yang tidak disimpan dengan baik dan bersentuhan dengan udara.
  • Saat membuat biang kue, jangan sampai keliru mencampurnya dengan garam. Karena garam akan mematikan ragi instan. Pastikan garam ditambahkan di step terakhir saja.

Nah itulah tips mudah memasak resep kue pukis pisang yang bisa Anda coba di rumah. Semoga berhasil.