Resep Dan Cara Membuat Kue Pukis Sederhana Rasa Istimewa

Resep Kue Pukis Sederhana – Bagi anda yang gemar dan hobi memasak tentu ingin selalu bereksperimen untuk membuat makanan-makanan yang baru belum pernah dibuat sebelumnya. Namun sayangnya tidak semua makanan bisa dibuat dengan cara yang mudah dan banyak sekali komponen-komponen yang harus tepat. Tentu saja hal tersebut sangat tidak cocok bagi para pemula. Nah untuk itulah bagi anda yang masih pemula dan ingin mencoba membuat makanan atau kue cari resep yang paling sederhana dahulu.

Salah satu resep kue sederhana yang bisa anda coba yaitu membuat kue pukis. Kue ini termasuk menjadi salah satu kue tradisional yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Tentu saja karena rasanya yang enak dan aroma dari kue yang sangat khas. Selain itu kue ini juga banyak disajikan ketika acara adat jawa tertentu seperti pernikahan, selametan, maupun kelahiran anak.

Makanya tidak heran jika jajanan ini, menjadi jajanan wajib di berbagai toko kue tradisional, baik di pasar maupun di toko-toko kue pinggir jalan. Nah untuk membuat kue pukis ini tidaklah sulit, dan bahan-bahan yang diperlukan pun juga sangat mudah untuk diperoleh. Berikut kami bagikan resep kue pukis dan langkah-langkah pembuatannya.

Resep Kue Pukis Sederhana
Resep Kue Pukis Sederhana

Bahan Membuat Kue Pukis Sederhana

  • 180 gram tepung terigu, pilih yang memiliki kadar protein tinggi/kualitas baik
  • 120 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 200 ml santan
  • 1 kuning telur
  • ¼ sdt garam
  • ½ sdm fernipan/ragi kue
  • 100 gram meises (sesuai selera)
  • 100 gram keju (opsional)
  • Margarin atau minyak goreng

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Sebelum memulai alangkah baiknya jika anda menyiapkan topping yang akan digunakan. Potong-potong keju sesuai selera atau bisa di parut agar lebih tipis.
  2. Selanjutnya siapkan panci berukuran kecil dan masukkan 200 ml santan yang sudah anda siapkan. Nyalakan kompor dengan api sedang dan lakukan pengadukan secara terus menerus agar santan tidak pecah. Setelah mendidih diamkan hingga santan dingin.
  3. Kemudian anda bisa menyiapkan wadah lain, untuk digunakan mencampurkan ragi dengan air.
  4. Masukkan 2 butir telur ayam ke dalam wadah atau baskom dan campurkan dengan gula pasir serta garam secukupnya. Aduk dan kocok hingga kedua bahan tercampur rata dan mengembang.
  5. Kemudian anda bisa memasukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan tadi sambil tetap diaduk sampai semua bahan tercampur rata. Ulangi hingga semua tepung yang anda siapkan habis dan pastikan tidak ada tepung yang masih menggumpal pada adonan.
  6. Ambil air yang telah anda campur dengan ragi tadi, kemudian masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk agar adonan bisa tercampur rata.
  7. Masukkan santan yang telah anda masak tadi sedikit demi sedikit sambil terus dilakukan pengadukan.
  8. Diamkan adonan selama 15-16 menit supaya mengembang.
  9. Sambil menunggu adonan tersebut anda bisa menyiapkan cetakan kue pukis dan olesi cetakan menggunakan margarin agar kue pukis tidak lengket ketika matang.
  10. Tuangkan adonan pada cetakan yang telah tersedia dan masak kue dengan api sedang.
  11. Tunggu sampai adonan setengah matang kemudian anda bisa menaburi topping sesuai selera. Untuk adonan kue pukis ini tidak perlu dibalik karena akan matang secara menyeluruh.
  12. Jika dirasa telah matang sempurna, angkat kue pukis sampai dingin kemudian sajikan.

Nah itu dia langkah demi langkah cara pembuatan resep kue pukis sederhana. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah semangat anda untuk selalu berkreasi dan membuat makanan-makanan yang lezat nan sehat.