Resep Dan Cara Membuat Kue Pukis Topping Nangka

Resep Kue Pukis Topping Nangka – Pukis merupakan salah satu jenis kue tradisional dari indonesia yang mudah ditemui dan melekat di lidah setiap orang. Rasanya yang manis gurih dan teksturnya yang empuk membuat siapa saja jatuh hati. Saat ini, kue pukis tradisional telah banyak dikreasikan dengan bahan bahan lain untuk menambah cita rasa dan nilai jualnya. Di antara topping dan tambahan bahan kue pukis kekinian adalah buah nangka. Penasaran? Mari simak resep lengkapnya di bawah.

Resep Kue Pukis Topping Nangka

Bahan-bahan Membuat Kue Pukis Kekinian Topping Nangka

Resep di bawah ini menggunakan bahan yang mudah ditemui sehari hari. Bahan bahannya kurang lebih sama dengan kue pukis biasa namun tentunya dengan tambahan buah nangka.

  • 175 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 ml air hangat
  • ½ sendok makan ragi instan (fermipan)
  • 2 butir telur
  • 6 sendok makan gula pasir
  • 100 ml santan kental ( dari ½ butir kelapa ukuran sedang)
  • 20 ml minyak sayur
  • 1 sendok teh garam
  • Margarin untuk olesan
  • 1 sendok teh vanilla bubuk
  • Pasta pandan (opsional)
  • Buah nangka secukupnya (potong dadu kecil)

Cara Membuat Kue Pukis Kekinian Topping Nangka

Sebelum membuat kue, anda perlu menyiapkan dahulu peralatan yang akan anda gunakan untuk memasak. Diantaranya adalah wadah untuk mencampur, saringan tepung, mixer, pengaduk dan cetakan pukis. Setelah peralatan siap, mari melanjutkan cara membuat kue pukis dengan topping nangka.

  1. Campurkan 25 gram (2 sendok makan) tepung terigu, 25 ml air hangat dan ragi instan (fermipan) ke dalam wadah kemudian aduk sebentar menggunakan sendok sampai adonan mencair dan larut sempurna. Diamkan sejenak.
  2. Siapkan wadah lain yang lebih besar (karena adonan ini akan mengembang 2 kali lipat), kocok 2 butir telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga mengental dan butiran gula hilang. Kemudian campur adonan awal dalam wadah ini.
  3. Ayak tepung terigu ke dalam wadah menggunakan saringan agar adonan tidak menggumpal. Ayak tepung sambil mengaduk adonan menggunakan pengaduk manual.
  4. Masukkan santan sambil terus mengaduk adonan.
  5. Tambahkan 3 tetes pasta pandan untuk memberikan aroma dan warna dari kue pukis. Jika anda tidak menyukainya, anda bisa melewatkan langkah ini.
  6. Tambahkan minyak sayur dan garam kemudian aduk hingga merata.
  7. Sisihkan adonan selama kurang lebih 60 menit hingga adonan mengembang. Langkah inilah akan membuat kue pukis menjadi empuk.
  8. Setelah adonan mengembang, panaskan cetakan pukir di atas kompor dengan api kecil kemudian olesi dengan margarin secukupnya.
  9. Aduk adonan agar buihnya hilang lalu tuangkan ke dalam cetakan pukis sampai ¾ cetakan. Jangan terlalu penuh agar kue pukis tidak bantet dan mengembang sempurna.
  10. Tambahkan potongan nangka diatasnya sesuai selera.
  11. Tutup cetakan kue pukis dan tunggu hingga kue matang kemudian angkat. Untuk memastikan kue matang, anda bisa menusuk kue menggunakan tusuk gigi/lidi. Jika masih ada adonan yang menempel artinya kue belum matang.
  12. Kue pukis kekinian dengan topping nangka siap santap.

Bagaimana bunda, tidak sulit bukan? Jika anda memperhatikan ukuran bahan dan mengikuti langkah-langkah dalam resep dengan benar, kue pukis yang anda buat dijamin enak dan tidak bantet. Siap untuk mengeksekusi resep diatas bunda? Yup, selamat mencoba resep kue pukis topping nangka dan semoga berhasil.