Resep Kue Tart Caramel Istimewa Anti Gagal

Resep Kue Tart Caramel – Pernah mendengar tentang kue sarang semut? Sebenarnya, kue sarang semut itu nama lain dari kue tart caramel. Kue ini banyak difavoritkan sebagai suguhan/hidangan di acara-acara tertentu, seperti acara keluarga, arisan, syukuran, atau lainnya.

Nah, Bunda tertarik untuk membuatnya? Langsung saja bund saya bagikan resep kue tart caramel yang dijamin rasanya sangat lezat.

Kue Tart Caramel
Kue Tart Caramel

Bahanyang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Tart Caramel

  • Gula pasir 425 gram
  • Air panas 450 m
  • Tepung terigu 180 gram
  • Tepung maizena 50 gram
  • Telur ayam 8 butir
  • Margarine 150 gram
  • Soda kue 2 sendok the
  • Susu kental manis rasa vanilla 200 ml

Cara Membuatnya

  1. Siapkan loyang persegi panjang atau jika tidak punya, bisa gunakan loyang apa pun yang dimiliki. Olesi dengan margarine dan ditaburi tepung di seluruh permukaannya. Jika tidak ingin repot, Bunda bisa mengalasinya saja dengan baking paper.
  2. Masak gula pasir di wajan hingga berubah warna menjadi coklat gosong, lalu masukkan air panas dan biarkan mendidih hingga gula larut. Angkat dan dinginkan.
  3. Siapkan wadah, masukkan margarine dan susu kental manis. Kocok hingga warnanya berubah menjadi putih.
  4. Turunkan kecepatan. Masukkan telur satu-persatu sambil terus di kocok hingga menyatu semua.
  5. Matikan mixer. Ayak tepung terigu, tepung maizena, dan soda kue ke dalam adonan tadi. Aduk rata menggunakan spatula.
  6. Tuang caramel ke dalam adonan tadi sedikit demi sedikit dan aduk terus hingga adonan rata.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaan.
  8. Panggang dalam oven selama kurang lebih 40 menit hingga matang.

Bunda harus tahu, sebenarnya membuat kue caramel ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Yang sulit itu dibagian membuat caramelnya. Banyak pemula yang gagal dalam pembuatan saus caramel. Tapi jangan berkecil hati, ada tips yang wajib Bunda ketahui  untuk bisa mendapatkan saus caramel yang lezat, tidak hangus dan gosong.

Tips Membuat Caramel Agar Tidak Hangus Atau Gosong

  • Gunakan wajan anti lengket atau sauce pan jika Bunda punya agar proses pengkristalan bisa terjadi dengan benar. Penggunaan panci atau wajan untuk membuat saus caramel akan berdampak pada bagus tidaknya hasil dari saus caramel tersebut. Jika Bunda menggunakan panci rebus tipis, maka hasilnya tidak akan sebagus dengan menggunakan sauce pan.
  • Gula pasir yang digunakan harus gula pasir yang masih kering dan tidak menggumpal. Jangan menggunakan gula pasir yang memiliki tekstur kasar karena saat dipanaskan, gulanya tidak akan melebur dengan sempurna. Hasilnya akan menjadi gosong dan tidak tercaramelisasi. Bunda bisa menggunakan gula pasir yang memiliki tekstur halus.
  • Gunakan sendok kayu jika ingin mengaduk caramel. Menggunakan spatula dari besi hanya akan membuat gula menempel pada spatula tersebut.
  • Gunakan api yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga. Jika menggunakan api terlalu besar, gula akan lebih mudah hangus dan proses pengkristalan tidak berjalan dengan baik. Sehingga, hasilnya juga akan menggumpal.
  • Jangan terlalu sering mengaduk caramel karena mengaduknya akan membuat kerak yang menempel di panci atau wajan tersebut. Kerak caramel akan sulit untuk dibersihkan.
  • Bunda bisa menyesuaikan kekentalan saus caramel yang diinginkan. Jika ingin lebih kental, masukkan sedikit air dan begitupula seterusnya.

Bagaimana bund, sudah tak sabar mempraktekkan resep kue tart caramel diatas?