Resep Kue Tart Japanese Cheese Cake Istimewa dan Anti Gagal

Resep Kue Tart Japanese Cheese Cake – Dari namanya saja, anda sudah bisa tahu darimana asal cheese cake ini. Jepang, yup betul sekali. Negeri sakura ini memang diklaim sebagai pembuat resep kue tart Japanese Cheese Cake terenak di dunia.

Cheese Cake satu ini memiliki tekstur yang ringan, lembut, dan mengembang namun tidak keras. Soal rasa? Tak usah diragukan lagi. Kue ini sangat lezat dan cocok untuk berbagai acara yang akan anda adakan.

Bunda tertarik mencoba? Kenapa tidak. Nggak sulit kok bun. Yuk simak berikut ini.

Kue Tart Japanese Cheese Cake
Kue Tart Japanese Cheese Cake

Bahan Yang Harus Disiapkan

  • 300 gram Cream Cheese anda bisa membuatnya sendiri atau membeli dalam bentuk kemasan yang tersedia di toko toko
  • 140 gram gula kastor (gula pasir yang dihaluskan hingga menjadi bulir bulir kecil namun tidak sampai menjadi bubuk seprti gula bubuk. Biasanya memang merupakan produk impor karena orang indonesia jarang menggunakan produk ini)
  • 50 gram Butter / mentega
  • 100 ml susu cair low fat dan plain
  • 6 butir kuning telur (dikocok lepas)
  • 6 butir putih telur
  • 60 gram tepung terigu (diayak terlebih dahulu)
  • 20 gram tepung maizena (diayak terlebih dahulu)
  • 1 sendok teh parutan kulit jeruk lemon (cuci kulit jeruk lemon sebelum diparut)
  • ½ sendok teh Cream of tartar atau bisa diganti dengan 1 sendok makan perasan lemon
  • ¼ sendok teh garam meja halus
  • Kertas Roti

Step by Step Cara Membuatnya

  1. Biasanya, kue tart japanese cheese cake ini selalu berbentuk bulat, jadi siapkan loyang dengan diameter sekitar 20 sampai 22 centimeter. Lalu olesi tipis tipis menggunakan margarin dan tutupi dengan kertas roti sampai bagian luarnya juga (agar mudah mengangkat karena kue ini sangat lembut dan akan bergerak ketika digoyang) Sisihkan.
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena yang sudah diayak ke dalam satu wadah, campur menjadi satu. Sisihkan.
  3. Panaskan butter dalam panci dengan api kecil, masukkan cream cheese dan susu cair sampai butter larut dan tercampur rata. Matikan api dan diamkan dalam suhu ruang.
  4. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata. Masukkan parutan kulit lemon (jangan terlalu banyak agar tidak pahit) dan kuning telur. Aduk lagi hingga merata.
  5. Dalam wadah lain, kocok putih telur dan gula pasir dengan kuat hingga berbusa dan mengembang (atau anda bisa menggunakan mixer) selama mengocok, tambahkan cream of tartar atau perasan air lemon sedikit demi sedikit. Kocok sampai putih telur mengembang sempurna, tandanya adalah adonan akan membentuk kerucut tumpul ketika mixer diangkat.
  6. Masukkan sedikit (sekitar 1/3 bagian) ke dalam adonan cream cheese tepung lalu aduk hingga merata. Kemudian masukkan adonan itu ke dalam sisa adonan putih telur dan aduk pelan hingga tercampur rata dan bertekstur lembut.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang yang tadi telah disiapkan.
  8. Siapkan loyang kotak yang lebih besar, isi dengan air lalu letakkan loyak kue tart japanese cheese cake di atas air tersebut (teknik ini disebut dengan teknik au bain marie atau steam bake ). Masukkan loyang loyang tersebut ke dalam oven dengan suhu 150o selama 75 menit.
  9. Setelah matang, diamkan dulu kue di dalam oven dengan keadaan oven mati (kurang lebih 15 menit). Hal ini untuk mencegah kue turun atau kempes karena perubahan suhu antara oven dan ruangan.
  10. Keluarkan kue dari loyang lalu beri garnish sesuai selera anda. Biasanya, kue tart japanese cheese cake ini ditaburi gula halus atau tambahan buah strowberi yang segar diatasnya. Kue pun siap dihidangkan untuk camilan atau kue tart ulang tahun.

Nah itu dia diatas resep kue tart japanese cheese cake yang super lembut dan lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil bund.