Resep Kue Tart Taiwanese Cheese Cake Sederhana

Resep Kue Tart Taiwanese Cheese Cake – Dari namanya, bunda pasti sudah dapat ditebak bahwa kue satu ini berasal dari Taiwan. Sebenarnya, kue ini tidak jauh berbeda dengan cheese cake dari jepang atau cheese cake lainnya. Yang membedakan biasanya hanya bentuk kue yang tidak mengembang besar dan taburan yang biasanya adalah keju.

Teksturnya lebih mirip seperti kue sponge atau bolu. Dan rasanya? Hmmm… dijamin bikin nagih pastinya. Tidak percaya? Langsung saja bun segera eksekusi resep kue tart taiwanese cheese cake di bawah ini.

Kue Tart Taiwanese Cheese Cake
Kue Tart Taiwanese Cheese Cake

Bahan Yang Harus Disiapkan

  • 200 gram cream cheese (anda bisa membuat sendiri atau membeli dalam bentuk kemasan, jika cream cheese habis di kulkas, sebaiknya diamkan dulu di suhu ruang)
  • 150 ml evaporated milk / susu full cream yang low fat dan plain (tanpa rasa)
  • 100 gram unsalted butter (mentega tawar)
  • 60 gram tepung terigu (pilih yang berprotein rendah)
  • 40 gram tepung maizena
  • 200 gram kuning telur (sekitar 5 butir)
  • 225 gram putih telur (sekitar 5 butir)
  • ┬╝ sendok teh garam meja
  • 1 sendok teh cream of tartar atau jika anda tidak menemukan cream of tartar bisa diganti dengan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon
  • 150 gram gula kastor (gula pasir yang dihaluskan hingga menjadi bulir bulir kecil namun tidak sampai menjadi bubuk seperti gula bubuk. Biasanya memang merupakan produk impor karena orang indonesia jarang menggunakan produk ini)
  • Essence lemon
  • Keju parut untuk topping (parmesan / cheedar)
  • Kertas roti

Nah, setelah menyiapkan bahan bahannya, mari lanjut ke cara pembuatannya bund. Langsung saja ikuti langkah langkahnya berikut ini:

  1. Letakkan cream cheese diatas mangkuk tahan panas. Lalu letakkan mangkuk tersebut diatas panci yang sudah berisi air mendidih. Atur api menjadi api sedang. Aduk hingga cream cheese sedikit meleleh. Tuangkan susu evaporated dan terus aduk agar susu tidak pecah. Kemudian tambahkan mentega tawar dan aduk terus hingga tercampur rata. Angkat dan biarkan dingin dalam suhu ruang.
  2. Ayak tepung terigu dan tepung maizena dan campur menjadi satu wadah.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung ke dalam adonan cream cheese sambil diaduk. Pastikan tidak ada yang menggumpal.
  4. Tambahkan kuning telur yang sudah dikocok. Aduk hingga tercampur.
  5. Kocok putih telur, garam, cream of tartar (atau air perasan jeruk lemon), gula kastor dalam mangkuk terpisah hingga adonan mengembang (gunakan mixer untuk memudahkan).
  6. Tambahkan adonan cream cheese tepung sesendok demi sesendok sambil diaduk.
  7. Setelah adonan tercampur rata, masukkan adonan tersebut ke loyang yang telah dialasi kertas roti. Tak perlu menambahkan mentega dalam proses ini. Untuk menjaga agar kue tidak kemasukan air rendaman steam bake, lapisi bagian luar loyang menggunakan aluminium foil.
  8. Taburkan keju cheedar / parmesan parut dengan jumlah sesuai selera anda.
  9. Siapkan loyang pendek yang lebih besar, isi dengan air lalu letakkan loyang kue tart taiwanese cheese cake diatas air tersebut (teknik ini disebut dengan teknik au bain marie atau steam bake ). Masukkan loyang loyang tersebut kedalam oven dengan suhu 180o selama 40 menit.
  10. Oven sampai matang, cara mengetestnya adalah dengan menusuk bagian tengah dari kue tart. Apabila sudah tidak ada adonan menempel, artinya kue tart sudah matang.
  11. Angkat kue dari loyang lalu biarkan hingga dingin dalam suhu ruangan. Kue pun siap dihidangkan untuk camilan atau kue tart ulang tahun.

Bagaimana bund, tidak susah kan mencoba resep kue tart taiwanese cheese cake di atas? Jangan sampai ada yang terlewatkan ya bund.