Resep Nastar Wafer Coklat Berbalut Keju yang Nimatnya Nendang

Resep Nastar Wafer – Sebagaimana yang kita tahu, wafer merupakan camilan yang digemari banyak kalangan mulai dari anak anak hingga dewasa. Terlebih, perpaduan wafer rasa coklat dengan keju, hmm.. dijamin bisa menciptakan rasa spesial, perpaduan manis dan gurih, seperti nastar wafer keju yang kekinian. Nah, pastinya ingin tahu kan, bagaimana resep nastar wafer coklat yang berbalut keju ini? Oke, langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Resep Nastar Wafer Coklatyang Legit Nendang

Resep Nastar Wafer
Resep Nastar Wafer

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 450 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram Susu bubuk putih
  • 100 gram gula halus
  • 200 gram margarin
  • 100 gram butter/ mentega
  • 2 butir kuning telur
  • 1 butir kuning telur untuk olesan
  • 1 sdm susu cair
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya wafer coklat bebas merek untuk isi
  • Secukupnya keju cheddar parut untuk toping

Cara Membuat Nastar Wafer Coklat

  1. Kocok telur bersama dengan gula, margarin dan butter sebentar saja sampai rata.
  2. Tambahkan susu bubuk kedalamnya, aduk rata dengan spatula.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu sambil terus diaduk sampai terbentuk adonan nastar yang bisa diambil dengan tangan.
  4. Siapkan plastik bersih sebagai alas, ambil segenggam adonan dan dibentuk bulatan. Pipihkan memanjang menggunakan rolling pin atau tangan. Tata wafer diatas adonan yang telah pipih. Potong adonan sesuai panjang wafer atau menjadi lembaran yang kotak kemudian gulung. Potong kecil kecil, lalu letakkan diatas loyang yang sudah disiapkan.
  5. Olesi permukaannya dengan campuran kuning telur, garam dan susu cair menggunakan kuas. Taburi keju cheddar parut diatasnya. Lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Panggang menggunakan oven bersuhu 150 derajat celcius selama 25 menit.
  7. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Simpan di toples kedap udara.

Tips dan Trik agar Nastar Wafer Coklat Berbalut Keju Semakin Lezat

  1. Usahakan menggunakan pisau yang benar benar tajam untuk memotong. Hal ini bertujuan agar wafer tidak remuk dan bentuknya tetap bagus setelah dipotong.
  2. Agar wafer isiannya menyatu atau lengket dengan adonan maka sebelumnya bisa mengolesi wafer isian dengan putih telur terlebih dahulu sebelum ditata diatas adonan yang telah piph.
  3. Pipihkan adonan setebal 3mm atau kurang lebih ½ centimeter agar adonan tidak menjadi lengket jika tidak menggunakan alas plastik. Ketebalan adonan juga bisa mempengaruhi kematangan nastar wafer yang dibuat.
  4. Adonan bisa ditambahkan dengan tepung maizena sebanyak 1 sendok makan agar tekstur kue nastar wafer lebih moist. Tepung maizena bisa ditambahkan kedalam adonan nastar bersamaan dengan tepung terigu.
  5. Agar nastar yang dihasilkan tidak mudah retak gunakanlah gula halus yang telah diayak sebelumnya. Pengocokan gula dengan telur dan margarin usahakan sebentar saja yang penting tercampur rata. Selain itu hindari mengaduk adonan dengan tangan, karena margarin dan mentega bisa meleleh yang menyebabkan hasil nastar wafernya retak dan tidak halus.
  6. Saat dipanggang, nastar wafer satu dengan yang lainnya harus diberi jarak. Jarak yang terlalu dekat bisa membuat nastar wafer lengket satu sama lain saat mengembang dan menjadi retak jika dipisahkan.
  7. Agar nastar wafer coklat semakin awet, lama pemanggangan nastar bisa diperpanjang beberapa menit. Jika takut gosong, bisa juga dengan memberikan silica gel didalam toples nastar wafer coklat yang telah dibuat.

Nah, itulah di atas resep nastar wafer coklat berbalut keju yang kekinian. Sudah tak sabar ingin segera mencoba?