Resep Adonan Kue Cara Membuat Shiny Crust Brownies Topping Choco Oreo

Resep Shiny Crust Brownies Topping Choco Oreo – Brownies merupakan salah satu jenis kue yang banyak sekali penggemarnya. Karena memang sensasi rasa kue ini begitu nikmat, selain rasanya yang coklat banget , brownies juga memiliki tekstur renyah crust dan lembut. Apalagi kalau ditambah shiny crust plus topping choco oreo diatasnya, selain membuat tampilannya yang makin menarik, tentu rasanya juga semakin nikmat. Nah, untuk anda yang tertarik membuat shiny crust brownies topping choco oreo, berikut kami bagikan resepnya. Yuk diintip.

Resep Membuat Adonan Kue Shiny Crust Brownies Topping Choco Oreo

Resep Shiny Crust Brownies Topping Choco Oreo
Resep Shiny Crust Brownies Topping Choco Oreo

Bahan A

  • 150 gram coklat dark cooking choco
  • 50 gram butter
  • 40 ml minyak goreng

Bahan B

  • 2 buah telur
  • 150 gram gula halus

Bahan C

  • 100 gram tepung terigu
  • 35 gram coklat bubuk

Topping

  • Chocochips secukupnya
  • Oreo secukupnya

Langkah Membuat Brownies Topping Choco Oreo

  1. Lelehkan bahan A yang terdiri dari coklat dcc , buter dan minyak dengan cara ditim atau masukkan ke dalam microwave selama 1 menit. Aduk sampai larut dan tercampur rata.
  2. Mixer bahan B yang terdiri dari 2 telur dan gula halus. Mixer dengan kecepatan rendah sampai gula menjadi larut. Bagian ini penting supaya muncul shiny crust nya.
  3. Campurkan bahan A yang sudah di tim ke dalam bahan B.
  4. Aduk rata dengan whisk sampai benar-benar merata.
  5. Masukkan bahan C yang terdiri dari tepung terigu dan coklat bubuk , sambil diayak. Masukkan secara bertahap sambil diaduk sampai rata dan adonan menjadi kental dan berat.
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dialasi kertas baking dan ratakan adonan dengan spatula.
  7. Beri topping dengan chocochips dan oreo, diamkan adonan sekitar 5-10 menit sebelum dimasukkan ke dalam oven sambil panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius api bawah selama 15 menit.
  8. Masukkan adonan ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius dengan api bawah selama kurang lebih 30 menit atau sesuaikan dengan kondisi oven masing-masing. Biarkan adonan sampai terlihat permukaan atasnya kering dan shiny.
  9. Angkat dari oven kemudian potong-potong dan sajikan

Tips Membuat Brownis YangShiny Crust Saat Dipangang

Shiny crust merupakan bentuk permukaan brownies yang renyah dan mudah retak serta utamanya terhilat mengkilap. Nah, berikut kami bagikan tips untuk memunculkan shiny crust yang pastinya akan mempercantik tampilan brownies anda.

1. Pastikan Gula Larut Dalam Adonan

Proses mengaduk gula dan telur hingga berbentuk adonan berwarna pucat dan mengembang ternyata mempengaruhi terbentuknya crust saat dipanggang. Crust merupakan hasil karamelisasi adonan yang terbentuk di atas permukaan kue akibat suhu pemanggangan yang tinggi.

Untuk bisa menjadi karamel, gula harus tercampur rata dengan telur. Anda bisa memilih gula pasir atau gula kastor. Disarankan untuk tidak memakai gula halus karena karakternya berbeda dengan gula pasir dan kemungkinannya kecil untuk memunculkan shiny crust.

2. Panggang Dua Kali Dengan Suhu Berbeda

Cara memanggang yang baik juga bisa memunculkan shinny crust.  Penting bagi anda untuk menggunakan oven yang memiliki api atas dan bawah seperti oven gas atau oven listrik. Namun jika tidak punya, memakai oven orang atau tangkring bisa juga asalkan harus rajin memantau brownies saat di panggang serta suhu pada termometer oven.

Panggang adonan brownies sebanyak dua kali dengan suhu yang berbeda. Proses pemanggangan pertama bertujuan untuk memunculkan shiny crust nya. Set oven dengan suhu tinggi selama 15-25 menit. Kemudian pemanggangan sesi kedua bertujuan untuk mematangkan tekstur kue-nya. Turunkan suhu dan panggang lagi selama 15-20 menit.

Misalnya pemanggangan sesi pertama bersuhu 200 derajat celcius selama 20 menit dengan api atas bawah. Letakkan loyang di rak bagian atas dengan tujuan mudah terpapar api atas. Setelah 20 menit, pindahkan loyang ke rak tengah atau bawah. Set suhu lebih rendah misalnya 170 derajat celcius. Panggang selama 15-20 menit. Cara ini tergantung jenis oven dan kemampuan memanggangnya.

Nah, selamat mencoba bunda. Menurut bunda apa terlalu sulit resep shiny crust brownies topping choco oreo diatas?